Tuesday, October 07, 2014

DIY: Fabric Flower


Walaupun masih agak lama seserahannya, tapi dari sekarang saya udah planning mau kayak gimana bentuknya, apalagi saya pengen kerjain sendiri (baca: irit) mihihihi. :D Oleh karena itu dari beberapa waktu yang lalu saya ubek-ubek Pinterest untuk nyari tutorialnya.

Kalau mau lebih banyak macamnya bisa intip pinboard saya disini. Dan kali ini saya coba re-tutor *haiyah* DIY bunga dari kain yang menurut saya paling mudah karena tidak perlu menggunakan lem tembak. So here we go:

Pertama, alat yang dibutuhkan adalah kain yang sudah dipotong bentuk persegi, benang, jarum dan gunting. Ukuran kain yang akan dipakai bebas, sesuai dengan kebutuhan disini saya pakai ukurannya kurang lebih 12 cm. Banyaknya kain pun bebas, semakin banyak kain yang dipakai semakin banyak kelopak yang terbentuk, jumlah kain yang saya pakai 6 lembar.

Langkah selanjutnya, lipat kain persegi menjadi 2 bagian membentuk segitiga, jahit bagian pinggir kain dari sudut kanan sampai tengah dengan menggunakan tusuk jelujur.

Setelah itu, tumpuk kain kedua yang sudah dilipat berbentuk segitiga diatas kain pertama pada sisi  yang belum terjahit.

Kemudian jahit kain pertama dan kedua dari sudut kanan sampai tengah kain kedua.

Tumpuk kain ketiga dan ulangi langkah tadi sampai kain habis.

Kalau kain sudah terjahit semua, tarik perlahan-lahan jahitannya dari kain pertama sampai terakhir sampai kain berkerut-kerut.


Setelah kain berkerut, jangan lupa untuk mengunci dijahitan terakhir. Kemudian gulung kain dan bentuk hingga menyerupai bunga.

Voila!!!





0 comments:

Post a Comment